KNPI Luncurkan Activispreneur Go Digital, Bantu UMKM Naik Kelas

Sabtu, 13 Mei 2023 - 16:48 WIB
loading...
KNPI Luncurkan Activispreneur Go Digital, Bantu UMKM Naik Kelas
Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) meluncurkan Activispreneur Go-Digital, di Roemah Pemoeda, Jakarta. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia ( DPP KNPI ) meluncurkan Activispreneur Go-Digital , di Roemah Pemoeda, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, di antaranya Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini dan anggota DPR RI, Dave Laksono.

Ketua Umum DPP KNPI M Ryano Panjaitan mengatakan, program Activispreneur Go-Digital digulirkan bekerja sama dengan Wiranesia Foundation. Program ini bertujuan untuk mengembangkan sektor UMKM dan mendorong kewirausahaan pemuda untuk menghadapi Indonesia emas 2045.



Terlebih, menurutnya, saat ini Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,03% dalam kuartal pertama di 2023. "Maka ini menjadi peluang bagi kita untuk memanfaatkan hal tersebut demi mempersiapkan Indonesia emas 2045.

"Saya mengajak kepada anggota KNPI dan peserta pelatihan untuk saling mendukung acara Activispreneur Go-Digital ini agar terselenggara dengan sukses, karena PR kita masih banyak sekali terutama di bidang perekonomian," ungkap pelaku entrepreneur ini.

Dengan adanya program hilirisasi, menurut Ryano, jika tidak dibarengi oleh Entrepreneurship maka warga hanya akan menjadi penonton saja. Karena itu, DPP KNPI bersemangat ke depan akan mencetak ribuan activistpreneur di bawah kepengurusan saat ini. Tujuannya untuk membangun pola pikir baru bahwa seorang aktivis harus merdeka secara finansial dan lepas dari kepentingan apapun secara ekonomi.

"Oleh karena itu, munculnya Activispreneur Go-Digital ini yang sudah lama kami diskusikan dengan teman-teman fungsionaris DPP KNPI untuk menggabungkan semangat aktivis dan usaha bagi pemuda Indonesia," katanya.

Dua program Selain Activispreneur Go-Digital, ada 2 lagi program lanjutan yaitu Activistpreneur Scale-Up yang diperuntukkan bagi peserta yang sudah memiliki usaha agar dapat meningkatkan level bisnisnya. Sebagai pelatihan tingkat terakhir adalah Activistpreneur Incubator.

Program ini adalah wadah dari seluruh UMKM yang bernaung di bawah DPP KNPI yang telah mengikuti pelatihan. Mereka dapat mengembangkan bisnisnya dan dibimbing hingga mampu bersaing dalam pasar nasional ataupun internasional.

"Atas alasan ini pula DPP KNPI mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk menjadikan Gerakan Activistpreneur agar dapat mengembangkan sektor UMKM dari entrepreneur muda yang berbasis pada gerakan aktivis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kelas menengah tersebut," tegas Ryano.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)